Sabtu, 25 Agustus 2012

Tarian Adat yang "Hampir" Terlupakan


"Sebuah tarian adat yang "hampir" terlupakan, bahkan oleh sang penulis. Kibasan tangan ke atas dan ke bawah yang dilakukan sejajar dengan dada. Menarik dan penuh perhatian"

Disini saya nggak akan membicarakan tentang pengklaiman atau semacamnya. Kedua orangtua saya berasal dari Sumatera. Ayah dari Medan dan Ibu dari Lahat. Oke sampai disini saja perkenalannya.
Tanggal 25 Agustus 2012, sepupu saya baru saja melangsungkan pernikahan. Dan yang membuat beda acara tersebut adalah pakaian adat yang dikenakan sang mempelai serta keluarga besar. Untuk saya yang tinggal di daerah Jawa dan bisa dibilang Jawa tulen, hal tersebut adalah sesuatu yang baru.
Ketika memasuki puncak acara pesta, tiba-tiba para tamu disuguhkan dengan tarian adat Sumatera yang kita kenal dengan nama Tari Tor-Tor. Menariknya yang menari bukanlah penari yang sengaja didatangkan untuk memeriahkan pesta, tapi sanak saudara dan tamu undangan yang sekiranya mau ikut memeriahkan dengan menari tarian adat Sumatera Utara ini. Jadi berfikir, entah kapan terakhir saya melihat acara pernikahan dengan pakaian dan tarian adat tanah kelahir Ayah saya tersebut. Sayangnya saya masih malu untuk ikut bergabung memeriahkan acara. Alhasil ya saya hanya memegang kamera lalu merekam kesenangan yang ada disana.
 Sedikit menggoda Ayah, saya bertanya dengan nada ingin tahu. "Pa, besok kalo kakak nikah juga bakal pake begituan? Yah walaupun kakak mempelai wanitanya, tapikan masa nggak ada yang beginian? Nggak seru dong!" kataku sambil melirik seorang pria disebelah kakak. Mereka bertiga termasuk Ayah hanya tersenyum dan saling berpandangan. "Ya tergantunglah, liat aja besok" kata Ayah sambil meninggalkan kami.


Sekedar info, menurut sumber yang saya dapat sebenarnya Tari Tor-Tor ditampilkan saat ada ritual panen, kematian, dan penyembuhan. Namun di zaman modern kini Tari Tor-Tor bertransformasi dan mulai ditampilkan di acara perkawinan. Tor-Tor berasal dari suara entakan kaki penarinya di atas papan rumah adat Batak. Penari bergerak dengan iringan Gondang.

Beberapa video yang berhasil saya abadikan, gambar videonya tidak terlalu buruk kok, jadi bisa dinikmati :)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar